Dasboard Ayla

Interior Ayla

AYLA PALEMBANG, DAIHATSU AYLA PALEMBANG

ayla palembang

Ayla Palembang

Selain konsep bodi kompak minimalis yang dimilikinya, Daihatsu Ayla memang memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi salah satu primadona kendaraan LCGC Tanah Air. Berbeda dengan Agya yang memiliki performa cukup bandel untuk ukuran LCGC, kali ini Daihatsu Ayla justru tampil lebih kalem. Sesuai dengan segmentasinya untuk masyarakat kota besar, Daihatsu memang meracik komposisi mesin Ayla dengan ramuan performa stabil dan konsumsi bahan bakar yang efisien alias irit. Untuk Daihatsu Ayla ini, digunakanlah mesin Daihatsu seri D26F 1KR-DE. Mesin tersebut merupakan mesin 3 silinder dengan teknologi Intake 2 Exhaust : 2. Mesin berkapasitas 998 cc tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 65 HP pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi sebesar 8.7 Nm pada 3.600 rpm. Untuk ukuran LCGC dengan basis city car, performa Daihatsu Ayla ini memang cukup tangguh saat diajak melaju di jalanan perkotaan yang ramai. Kemudian, meski secara fisik ukuran Ayla cukup mungil, namun mobil ini akan memberikan kenyamanan yang lega kepada penumpang dan pengemudinya. Hal ini karena Daihatsu Ayla sudah dibekali dengan sistem suspensi McPherson Struts dengan per keong yang pastinya begitu nyaman. Apalagi, Daihatsu pun membekali Ayla dengan Electric Power Steering (tipe M, X, dan Elegant) sehingga handlingnya dipastikan menjadi lebih mantap. Selain itu, Daihatsu Ayla pun memiliki ruang kabin yang lega sehingga penumpang di dalamnya tak akan terasa penuh sesak dengan batas maksimal lima orang penumpang.

Spesifikasi Daihatsu Ayla

LCGC Berbodi Kompak dengan Desain A-Concept

Saat pertama kali melihat desain dari spesifikasi Daihatsu Ayla, sudah terlihat jelas penampakan mobil LCGC yang ideal untuk masyarakat Indonesia. Hal tersebut tak salah sebab menurut pengakuan desainernya, Ayla dibangun dengan desain A-Concept, di mana desain A-Concept ini dirancang menyesuaikan selera konsumen. Kebanyakan, masyarakat khususnya di kota-kota besar menginginkan mobil berukuran kecil namun memiliki kabin lega. Untuk penampilannya sendiri, Daihatsu Ayla memang memiliki desain yang bagus, seperti headlamp multi reflektor yang dirancang lebih sipit dan tajam. Kemudian pada bagian front grill dibangun dengan konsep grill lebar, sekilas mirip dengan grill Ford Fiesta dengan tambahan emblem logo ‘A’ berbentuk elips dengan bingkai yang elegan. Lantas untuk desain foglampnya, Daihatsu Ayla dibentuk lebih ringkas dengan ring berwarna krom. Sedangkan untuk bumper bagian depan kini dibuat lebih besar, namun tetap dinamis mengikuti alur grill depan. Berpindah bagian samping, desain bodi samping Daihatsu Ayla ini hampir mirip dengan desain bodi Toyota Agya. Ayla tetap tampil dengan desain minimalis namun kompak. Sisi samping Daihatsu Ayla dipermanis dengan kehadiran side molding krom dan juga pillar di atas jendela samping. Untuk bagian belakang, spesifikasi Daihatsu Ayla menganut desain yang juga minimalis lewat lampu belakang yang dipermanis dengan efek smoke. Tampilan belakang juga lebih sporty berkat adanya spoiler body yang dirancang mengikuti alur desain mobil secara keseluruhan.

Interior Minimalis Ditunjang Kabin yang Lega

Setelah puas membedah tampilan luar, kini Mas Sena akan membedah spesifikasi Daihatsu Ayla untuk bagian interior. Sebagai mobil LCGC, pastinya untuk bagian interior tak akan dibuat terlalu mewah. Namun oleh Astra Daihatsu, interior si mungil cantik Ayla ini dirancang sedemikian rupa agar tak mengecewakan penggunanya. Sisi interior Daihatsu Ayla dibangun dengan konsep minimalis namun fungsional dengan menggunakan material yang cukup berkualitas. Pada bagian interior, didominasi warna hitam dan silver dengan bentuk panel-panel sederhana. Setir kemudi Daihatsu Ayla sendiri juga dirancang secara standar namun tetap stylish dan enak digunakan. Lalu pada bagian dashboard, tak banyak panel instrumen yang tersedia. Panel dashboard Daihatsu Ayla tampil standar dengan dukungan fungsi-fungsi standar seperti panel Audio System dan juga panel pengaturan lainnya. Hal yang menarik dari interior Ayla adalah bagian speedometer yang dibuat dengan indikator atraktif serta terdapat multi information indicator pada fuel meternya. Panel speedometer Daihatsu Ayla juga dilengkapi dengan cluster ECO-driving. Lalu menengok ke bagian kabin, mulai dari leg hingga head room dibangun dengan cukup lapang. Bahkan meski dari luarnya kelihatan kecil, ternyata kabin Daihatsu Ayla bisa membuat penumpang dewasa dapat bergerak leluasa dalam mengatur posisi duduk. Kabin Ayla ini memang termasuk paling lapang di kelasnya, sama seprti kabin pada Toyota Agya. Kabin yang luas pada Daihatsu Ayla pun masih ditambah lagi dengan bagasi yang cukup lapang. Apalagi kursi baris kedua yang fleksibel dan bisa dilipat sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tambahan bagasi. Secara keseluruhan, untuk kabin pada spesifikasi Daihatsu Ayla ini tidak begitu mengecewakan sehingga sangat cocok bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan dengan tingkat mobilitas tinggi.

Dimensi Fisik Mungil Didukung Suspensi Nyaman

Selanjutnya Mas Sena akan membahas spesifikasi Daihatsu Ayla pada bagian dimensinya. Sekilas, Ayla ini memang terlihat seukuran dengan Toyota Agya. Hal ini memang benar karena Ayla sendiri memiliki ukuran fisik yang sama dengan Agya. Secara fisik, Daihatsu Ayla memiliki ukuran tubuh 3600 x 1600 x 1520 mm dengan berat kosong mencapai 180 kg. Jika diperhatikan, ukuran fisik antara Ayla dan Agya ini memang sama. Namun sekilas Ayla memang terlihat lebih kecil karena desain bodinya lebih minimalis. Ukuran Daihatsu Ayla memang tak terlalu besar, namun karena Daihatsu meracik interior sedemikian rupa maka pengemudi dan penumpang pun tak akan merasa sesak saat di bagian dalam. Selain itu, dengan dimensi tersebut Daihatsu Ayla sangat pas untuk diajak jalan-jalan di perkotaan ataupun untuk aktivitas yang membutuhkan mobilitas tinggi. Sedangkan jika kita lihat pada jarak ground clearance yang dimilikinya, Daihatsu Ayla sebenarnya kurang cocok untuk diajak bermanuver di luar kota yang memiliki kontur tanah tidak rata. Meski begitu, Ayla tetap bisa diandalkan saat anda melaju di daerah-daerah karena dibekali dengan sasis yang kokoh dan suspensi mantap. Soal suspensi, kali ini Daihatsu mengandalkan sistem suspensi McPherson Struts dengan tambahan per keong untuk suspensi bagian depan. Sementara untuk suspensi belakang, Daihatsu Ayla dibekali dengan suspensi Torsion Axle Beam. Kedua sistem suspensi yang tertanam pada Ayla tersebut mampu menjaga stabilitas kendaraan ketika melaju. Terakhir, spesifikasi Daihatsu Ayla pada bagian kaki-kaki mengandalkan velg ring 13 inci yang dibalut oleh ban berukuran 155/80.

Teknologi Mesin 1KR-DE Engine untuk Performa Lebih Bertenaga

Selanjutnya, saatnya beralih pada bagian jantung dapur pacu dari pembahasan spesifikasi Daihatsu Ayla ini. Seperti yang sudah Mas Sena sempat singgung di bagian awal tadi, kali ini memang Daihatsu membekali Ayla dengan mesin yang cukup tangguh. Berbeda dengan Toyota Agya, kali ini Daihatsu Ayla mengandalkan mesin seri D26F 1KR-DE yang merupakan mesin Eco Technology pengembangan Daihatsu. Mesin tersebut menjamin konsumsi bahan bakar lebih efisien, tetap bertenaga, dan tentunya ramah lingkungan. Mesin Daihatsu Ayla ini memiliki kapasitas silinder 998 cc DOHC 3 silinder, dan jumlah katup sebanyak 12 katup. Dengan mesin ini, Daihatsu Ayla sanggup menghasilkan power maksimal hingga 65 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal 8,7 Kgm pada putaran mesin 3.600 rpm. Untuk ukuran mobil LCGC, mesin Daihatsu Ayla ini merupakan salah satu yang paking tangguh di kelasnya. Selain cukup bertenaga, mesin yang terdapat pada Ayla ini juga dijamin ramah lingkungan karena menganut sistem pemasukan bahan bakar Multipoint Injection. Untuk model percepatannya sendiri, Daihatsu Ayla akan dibagi menjadi dua varian yaitu manual 4 percepatan dan otomatis. Kemudian, guna menunjang performa agar lebih responsif dan stabil ketika melaju, spesifikasi Daihatsu Ayla juga sudah dibekali dengan fitur Electric Power Steering. untuk tipe M dan X.

Fitur Kenyamanan dan Keamanan Lengkap

Nah sekarang, yuk kita bahas spesifikasi Daihatsu Ayla pada bagian fitur-fitur pelengkapnya. Meski hanya merupakan varian mobil murah, ternyata Ayla sudah memiliki fitur keamanan yang lengkap. Seperti misalnya struktur bodi berteknologi High Tensiles Strengthsheets yang merupakan material dari lapisan baja yang ringan namun tetap kuat untuk melindungi pengendara dan penumpang. Selain itu, Daihatsu Ayla juga sudah dilengkapi dengan seatbelt di semua kursi sehingga baik pengemudi maupun penumpang akan tetap merasa aman ketika berkendara. Sedangkan untuk bagian kemudinya, fitur keamanan pun tak kalah lengkap. Daihatsu Ayla ini sudah dibekali dengan fitur AT Shift Lock, Body Monocoque yang kokoh menyerap benturan, Luminated Whinsield atau kaca anti pecah, Collapsible Steering Column, serta Pedestrian Protection. Nah itu adalah untuk keamanan. Sedangkan pada fitur kenyamanan, Daihatsu Ayla juga tak kalah mewah dengan varian LCGC merek lain karena telah dilengkapi dengan berbagai fitur modern. Seperti misalnya Electric Outer Mirror, yaitu kaca spion yang bisa disetting dari dalam, Rear Parking Sensors, dan juga fitur Electric Power Windows. Lalu untuk fitur entertainment jangan khawatir, sebab Daihatsu Ayla juga sudah didukung dengan 2DIN Intergrated Audio System dengan output 4 speaker. Sementara fitur kenyamanan pada Ayla ditutup dengan adanya AC untuk memberikan kesejukan pada penumpang. Sebagai tambahan, fitur di atas tergantung dengan tipe yang disediakan, artinya tidak semua varian memiliki fitur di atas, kecuali untuk spesifikasi Daihatsu Ayla tipe tertinggi.

ayla

SPESIFIKASI

SPESIFIKASI TEKNIS Astra Daihatsu AYLA
D D+ M X
MT MT AT MT AT
DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi Keseluruhan (mm) 3.600 x 1.600 x 1.520
Jarak Sumbu Roda (mm) 2450
Jarak Pijak roda depan/belakang (mm) 635/515
Tinggi dari tanah (mm) 180
BERAT
Berat Kosong/Total Kendaraan (kg) 755 765 755 785 780
KAPASITAS TEMPAT DUDUK 5
MESIN
Tipe D26F 1KR-DE
Kapasitas silinder (cc) 998
Jumlah silinder 3 Silinder
Jumlah katup Intake 2 Exhaust : 2
Diameter x langkah (mm) 71 x 84
Tenaga maksimum (kW/rpm) 65 / 6.000
Torsi maksimum (N.m/rpm) 8.7 / 3.600
SISTEM KEMUDI
Tipe Manual Electric Power Steering
REM
Depan/belakang Disc / Drum
SUSPENSI
Depan McPherson Struts with coil spring
Belakang Torsion Axle Beam
BAN 155/80 R13

Tags : Ayla, Harga Ayla, Ayla Palembang, Harga Ayla Palembang, Harga Ayla di Palembang, Daihatsu palembang, Dealer daihatsu palembang, Harga daihatsu palembang, Terios Palembang, Xenia Palembang, Ayla Palembang, Daihatsu terios Palembang, Daihatsu Xenia Palemban, Daihatsu Ayla Palembang